Juli 04, 2013

TIDAK ADA KATA SAUDARA


Mulai Sekarang Ga' Ada Kata Sodara


                Kenalin nama gue Bambang Nugroho biasa dipanggil benu , aku anak ke dua dari pasangan umar dan fatimah dan aku punya kakak namanya bagus .Cerita ini dimulai dari saat keluarga besar gw sangat bahagia,penuh tawa,saling membantu antar sodara "pokoknya tentrem banget".Semua itu sirna saat bokap gw meninggal karna sakit liver (kuning) yang udah hampir 1 bulan lamanya ,,,, hari demi hari,minggu demi minggu ,kulalui tanpa adanya telpon yang biasa berdering karna ayah yang biasanya telpon ke aku setiap saat tuk
menanyakan keadaan /kabar/pelajaran sekolah pada ku.

Setiap hari aku selalu membayangkan saat-saat bersama ayahku yang tak pernah terlupakan . Aku hanyalah seorang anak yang mempunyai cita-cita seperti ayahku yang mempunyai sifat bijaksana dan adil.Ayah ku adalah seorang kakak di keluarganya dia anak ke 2 dari 5 bersodara dia dari kecil sudah menjadi tulang punggung bagi adik-adiknya makanya adik-adiknya sangat menyegani ayahku karna tanpa jasa dia apajadinya nanti .Ayahku merantau kejakarta dengan bekal ijazah SD dia memulai kerja sebagai OB tanpa disadari dia telah diangkat menjadi karyawan di perusahaanya karna sifat kejujuranya dan kerja kerasnya.Semenjak itu banyak sodara ayahku yang ikut merantau untuk mengadu nasib di jakarta.
                Kembali kecerita ayahku mempunyai banyak teman di jakarta karna mudah bergaul dengan yang lain .Dan ada 1 keluarga yang sangat dekat dengan keluarga kami dia adalahkeluaraga jusman .Keluarga kami dengan keluarga jusman tidak ada hubungan darah tapi entah mengapa keluarga kami seperti sodara dengan keluarga jusman .Anaknya pak jusman yang bernama santi adalah teman sejatiku sejak kecil dia adalah temen yang selalu motivasi ku disaat sedang senang,sedih,maupun kesusahan. Ibunya santi atau bernama syaidah sering sekali ngobrol bareng ,tukar pikiran dengan ibuku.

      Dan ada 1 lagi keluarga yang dekat dengan keluarga ku entah kapan kenalnya dan bagaimana bisa kenal dengan keluaraga ku dia adalah keluaraga pak.lukman .sejak kecil anaknya pak lukman sering bermain dengan kakak ku, kak.bagus dan begitu jg aku .pak lukman orang nya sangat baik ,penuh tawa dan sering menghibur, entah napa saat ayah ku meninggal yang ada disamping ku saat itu adalah pak.jusman dan pak lukman bukan sodara – sodara ku.memang betul apa pepatah TEMAN BISA MENJADI SODARA.
       Saudara –saudara ayah ku semakin menjauh dari keluarga kami yang diasaat ini keluarga kami sangat membutuhkan dorongan dan motivasi apalagi dengan ibu ku yang setiap hari terus menagisi beliau .Apakah ini pribahasa habis manis sepah dibuang atau air susu dibalas air tuba yang menurutku kedua2nya mempunyai arti yang sama dengan kehidupan ku sekarang.  tidak usah takut kami tidak mengharapkan uang,belaskasihan ataupun materi melimpah dari kalian kami hanya ingin keluarga besar kita tetap menjadi satu. kami tak apa menjadi keluarga yang penuh dengan kekurangan materi asalkan jangan buat keluarga kami hancur tak tersisa apakah karna ayahan da sudah tiada jadi  ibuku,aku ,kakakku tak bisa lagi bersama kalian ”.yasudahlah kalian yang memulai aku hanya bisa bilang mulai sekarang ga da kata sodara”said benu .mulai sejak itu aku dah ga percaya lagi dengan arti kata sodara lah,tante lah,omlah,paklek lah...  .Ku lebih percaya dengan teman sejati atau pun pepatah TEMAN BISA MENJADI SAUDARA  bukan  SAUDARA MENJADI ORANG LAIN yang aku anggap itu seperti saudara seperti keluarga pak.jusman dan keluarga pak lukman yang setiap kali ada masalah mereka saling membantu.  
to be continue
“Itulah hidup ada suka maupun duka .

Ambilah yang positif dari ceerita diatas dan uraikan yang negatif untuk bahan pelajaran kita di lain waktu “

keep smile 
admin harsantos


3 komentar:

HARAF TIDAK MENGOMENTAR YANG TIDAK BAIK